Breaking News:

|
Anda ingin beramal?, satu klik anda sangat berharga bagi kami, silakan klik iklanSittidibawah ini, setelah itu bagikan artikel ini, terimakasih kami ucapkan kepada anda

Marty Natalegawa Pimpin Delegasi Indonesia di KTT ASEAN

Jakarta - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Marty M Natalegawa memimpin delegasi Indonesia dalam rangkaian pertemuan ASEAN Tingkat Menteri ke-45 dan KTT Asia Timur Tingkat Menteri ke-2 (45th ASEAN Ministerial Meeting / Post Ministerial Conference/19th ASEAN Regional Forum dan 2nd East Asia Summit Foreign Minister’s Meeting) di Phnom Penh, Kamboja, tanggal 8-13 Juli 2012.

"Rangkaian pertemuan 45th AMM/PMC/19th ARF dan 2nd EAS FMM, dijadwalkan dibuka oleh Perdana Menteri Kamboja pada tanggal 9 Juli 2012, selaku tuan rumah dan Ketua ASEAN periode tahun 2012. Dalam KTM ASEAN ke–45, para Menlu ASEAN akan membahas tindak lanjut kesepakatan dan komitmen yang telah diputuskan pada KTT ASEAN ke-20 awal April 2012 di Phnom Penh dan KTT ASEAN sebelumnya yang diketuai Indonesia," papar Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, PLE Priatna kepada Gatranews, Senin, (9/7) di Jakarta.

Namun sehari sebelumnya, yakni 8 Juli 2012, para Menlu ASEAN, akan mengikuti pertemuan ASEAN Foreign Ministers’ Meeting with ASEAN Inter-governmental Commission on Human Rights (AICHR) dan pertemuan South East Asia Nuclear Weapons Free Zone (SEANWFZ) Commission. Dalam pertemuan dengan AICHR, para menlu ASEAN akan membahas draft Deklarasi HAM ASEAN (AHRD), yang selanjutnya akan direkomendasikan kepada ASEAN Leaders pada KTT ASEAN ke-21 di bulan November 2012 mendatang.

Sedangkan dalam pertemuan SEANWFZ, para Menlu ASEAN dan negara-negara pemilik senjata nuklir rencananya akan menandatangani Protokol dari Traktat Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zone (SEANWFZ). Perundingan ke arah proses aksesi terhadap protokol SEANWFZ tersebut sebelumnya telah berhasil diselesaikan antara ASEAN dengan negara-negara pemilik senjata nuklir semasa keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2011.

Kemudian, 10 Juli 2012 dijadwalkan akan diselenggarakan pertemuan ke-13 para Menlu ASEAN dengan ASEAN Plus Three (RRT, Jepang dan Republik Korea).

Pada tanggal 11 Juli 2012 akan diselenggarakan pertemuan Post Ministerial Conference (PMC), di mana Menlu negara-negara ASEAN bertemu dengan beberapa Menlu negara Mitra Wicara, yakni Australia, Jepang, RRT, Selandia Baru, Kanada, India, Uni Eropa, Rusia, Republik Korea dan Amerika Serikat. Besoknya, diselenggarakan Pertemuan ke-19 ASEAN Regional Forum (ARF) dan 2nd East Asia Summit (EAS) Foreign Ministers’ Meeting.

Di sela-sela rangkaian 45th AMM/PMC/19th ARF dan 2nd EAS FMM tersebut, Menlu Marty Natalegawa, tanggal 11 Juli 2012 akan memimpin jalannya Pertemuan Southwest Pacific Dialogue (SwPD). Hal ini terkait dengan posisi Indonesia yang mendapat giliran sebagai "host" untuk Pertemuan SwPD tahun 2012. Agenda yang akan dibahas pada pertemuan SwPD tersebut adalah beberapa isu seperti Connectivity, Maritime Cooperation and Conservation dan Democracy Issues. Selain Indonesia, Pertemuan SwPD juga akan dihadiri oleh negara-negara anggota SwPD lainnya, yakni Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, Filipina dan Timor Leste.

Menlu Marty Natalegawa rencananya juga akan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan para menlu negara sahabat di sela-sela rangkaian Pertemuan 45th AMM/PMC/19th ARF dan 2nd EAS FMM di Phnom Penh yang akan berakhir pada tanggal 13 Juli 2012.[IS]

Posted by Pelatihan blog4 on 08.57. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added